Rabu, 04 Agustus 2010

Umur Bisa Dilihat dari Warna

Beredarnya foto candi bawah laut di Twitter membuat banyak orang bertanya-tanya, apakah bangunan kuno itu benar ada. Foto itu diambil dari perairan Pemuteran, Buleleng, Bali yang mana sedang berlangsung proyek pelestarian karang laut.

candi di bawah laut Arkeolog senior Prof Dr Mundardjito, Rabu (4/8), mengatakan, umur candi bisa dilihat dari warna candi. Usia objek baru beberapa tahun jika berwarna hijau karena tertutup lumut. Lain halnya bila objek berwarna putih karena tertutup karang, yang menandakan telah berusia ratusan atau ribuan tahun.

"Kalau hijau masih baru. Kalau sudah lama akan dihinggapi kerang jadi putih-putih kayak bunga karang. Makin banyak karangnya berarti makin lama," jelasnya.

Lebih jauh dipaparkan, bangunan tidak akan runtuh bila candi terkubur di laut akibat tsunami atau pulau tenggelam yang ditandai dengan adanya retakan atau bagian yang patah. Bahkan, bila telah tertutup karang, bentuk bangunan asli tidak terlihat jelas.

Terkait dengan foto tersebut, menurutnya pura di Bali biasanya dibuat dengan bahan dasar batu bata yang lebih lapuk daripada batu. Karena itu, bangunan batu bata dari zaman dulu akan tetap bertahan di bawah laut, kemungkinannya kecil.

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright by Website Informasi Batam  |  SEO by Blogspot tutorial Support JAVA'S GROUP